Follow if you like

Jul 1, 2014

Ais Cincau


Ais Cincau, minuman penghilang dahaga yang cukup di gemari oleh suami ita. Biasanya kalau ais cincau ni suami ita yang sediakan bersesuaian dengan seleranya.

Tahukah anda cincau ini terhasil daripada apa?
Apa pula ramuannya dan apakah ianya berkhasiat untuk kesihatan.
Melalui pencarian ita di Google ita temui khasiat cincau yang sebelum ini tidak pula ita ketahui. Jom ita kongsikan khasiatnya untuk tatapan bersama




Rujukan dari : Khasiat Luar biasa daun Cincau


Cincau adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesone. spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini. Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam ais cincau atau ais campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta penluruh.


Daun cincau, luar biasa khasiatnya. Diantaranya dapat mengobati beberapa penyakit
seperti  demam panas,  demam , panas dalam, sakit perut (loya), penyakit Vertigo, saluran pencernaan ,  hipertensi dan Kolesterol. maag yang kronis juga boleh di ubati dengan ramuan ini asal di amalkan berterusan .
Penelitian ilmiah pun menambah daftar panjang khasiatnya. Salah satunya sebagai anti cancer

Warna cincau  bermacam-macam, bermula dari hijau hingga hijau pekat, bahkan hitam, namun disertai dengan kesan lut sinar (transparent) memiliki konsistensi yang berbeza-beza pula. Warna dan konsistensi cincau berbeza-beza karena tumbuhan yang diguna pakai juga berbeza-beza. Kalau di Malaysia ni.. cincau kebiasannya berwarna hitam.


Manfaat yang Terkandung

1.    Cincau sangat baik untuk semua golongan. Bahan ini sangat kaya mineral terutama     kalsium dan fosfor.

2.    Cincau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat.

3.    Cincau dipercaya mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare.

4.    Sedangkan serat bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab cancer.

5.    Daun cincau hijau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bermanfaat untuk mengendurkan otot.

6.    Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.

7.    Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah cancer pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.


Potensi cincau juga diuji dengan cara dipaparkan pada empat jenis sel cancer, iaitu  sel cancer darah (leukemia), cancer mulut rahim, paru, dan payudara. Ekstrak daun cincau ternyata mampu secara mengagumkan membunuh sel cancer darah (leukemia) sebesar 55-90 persen. Sementara kemampuan cincau membunuh sel cancer lain sekira 60 persen. Hal ini menunjukkan cincau hijau mengandung komponen bioaktif pembunuh sel cancer. Selain itu, ternyata cincau hijau juga mampu menyingkirkan senyawa-senyawa berbahaya penyebab cancer.

Kini, manfaat cincau terhadap cancer sedang menjadi perhatian para peneliti. Cincau hijau dipastikan mengandung klorofil, zat yang memberi warna hijau pada daun. Banyak literatur menyebutkan klorofil sebagai zat antioksidan, antiperadangan, dan anti cancer. Masih banyak penelitian dilakukan atas khasiat cincau ini, baik cincau hitam maupun hijau. Tak ada salahnya, menunggu hasil yang lebih meyakinkan, bertambah lagi harganya yang cukup murah di pasaran.

AIS CINCAU

1/2 kg Cincau di dadu
1 helai daun pandan di simpul
1 buku gula batu
gula pasir semanis rasa
ais untuk rasa yang dingin

Masak air bersama gula, gula batu, daun pandan dan 1/2 dari pada cincau yang didadu
Biar gula melarut, air didi dan berwarna kecoklatan
Angkat dan sejukkan

Tuang air cincau dalam gelas, letakkan kiub cincau yang selebihnya.
Tambahkan air jika manis.
Letakkan kiub ais untuk rasa yang segar dan dingin


Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci, bulan yang penuh hikmah, kesuciannya seperti embun yang membersihkan daun daun di kala pagi, begitu juga puasa yg akan membersihkan dan membasuh jiwa kita dari segala dosa.











4 comments:

Immanuel Kabuhung said...

Halo, Apa kabar?

Salam kenal dari kami myTaste Indonesia.

Kami melihat bahwa Anda memiliki resep-resep masakan yang sangat lezat dan menarik sekali.

Kami dari myTaste Indonesia mengundang agar blog masakan Anda berada di TOP FOOD BLOG dalam situs kami, myTaste adalah Jejaring Sosial bagi para pecinta masakan di Indonesia maupun dunia Internasional. myTaste memiliki 37 sites di masing-masing negara bagiannya. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini: http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

Terima kasih atas perhatiannya dan telah berbagi resep masakan Anda kepada kami.

Salam myTaste Indonesia,
Immanuel Kabuhung

Selamat menunaikan Ibadah Puasa

adda syuhada said...

segarnya anak tekak klu dpt nih...

Seri Kandi Tanah Jauhar said...

kawan sekerja saya jual cincau. Act.. cincau tu ayah dia yg jual tapi jauhlah kat Tangkak. Setiap kali dia balik kg, kami mesti kirim sebab cincau dia sgt10x sedap dari cincau yg biasa kita beli tu. Lembut dan boleh ditelan begitu sahaja.. kekeke.

Kak Ita, masak air gula utk cincau tu, kalu letak secubit garam lebih umphhh!!

fazianbatrisyia said...

kegemaran family sy juga

Powered by Blogger.